Beranda Religi Nasehat Tiga Cara Allah Mengabulkan Doa Kita

Tiga Cara Allah Mengabulkan Doa Kita

212
0
Tiga-Cara-Allah-Mengabulkan-Doa-Kita

Berdoa adalah beribadah. Terlepas dari dikabulkan segera atau tepat waktu, berdoa pada Allah pun berpahala. Maka, tidak pernah merugi orang-orang yang khusyuk berdoa. Penuh keyakinan dan kemantapan hati. Belum terkabul saja, kita sudah mendapatkan pahala kebaikan dari berdoa itu sendiri.

Apalagi, ditambah terkabulnya harapan-harapan yang kita panjatkan dalam doa. Tentu seharusnya setiap muslim semangat dalam berdoa, tidak putus akan harapan-harapan baik.

Allah berjanji bahwa setiap doa pasti dikabulkan. Hanya saja, kadang kita yang belum paham bagaimana cara Allah mengabulkan setiap doa-doa hamba-Nya.

Sebagaimana penjelasan Ustaz Adi Hidayat dalam cuplikan kajiannya dalam akun instagram @Indonesiamengaji, 20 mei 2019. Ada tiga jenis pengabulan doa.

Pertama, jika yang kita minta sesuai dengan yang kita butuhkan, maka akan dikabulkan seketika.

Kedua, ketika kita memohon sesuatu pada Allah, tapi bagi Allah kita belum sanggup untuk mendapatkannya, maka akan Allah beri nanti saat kita benar-benar sudah sanggup. Akan Allah tunda sampai waktunya tepat. Atau bahkan, sesuatu itu diganti dengan yang lebih baik.

Ketiga, mungkin saja apa yang kita harapkan itu tidak akan pernah kita dapatkan di dunia. Tapi sama Allah, disimpankan di akhirat. Dan, jangan sangka bahwa itu sebuah kesedihan. Ketahuilah, bahwa apa yang ada di akhirat, lebih baik daripada apa yang ada di dunia. Bisa jadi, doa-doa yang menumpuk itu, kelak menjadi penolong kita ketika di hari akhir.

Bukankah begitu Penyayangnya Allah?

Apa yang Dia beri, tidak melulu berdasar keinginan hamba-Nya. Karena, bukankah Allah yang lebih tahu? Mana yang lebih baik untuk hamba-Nya?

Maka, jangan pernah buruk sangka dalam berdoa pada-Nya. Jangan pernah putus asa apalagi berhenti. Selama hidup, kita tidak akan pernah bisa menjalani hidup sendirian tanpa meminta pertolongan Allah. Kita akan selalu mengandalkan kekuatan yang Allah beri.

Maka, jika sampai hari ini, doa-doa panjang yang kita langitkan sejak lama, belum juga berwujud, pasti ada hikmah kebaikan di baliknya. Mungkin, belum kita tahu saat ini. tapi nanti, pasti akan ada pemahaman baik yang memenuhi hati. Bahwa, Allah benar-benar akan mengabulkan doa-doa kita pada waktu dan cara yang tepat.

Memasuki sepuluh hari terakhir Ramadan, manfaatkanlah waktu, lesatkanlah doa-doa dengan khusyuk. Semoga Allah memberi jalan. Kebaikan dan kemudahan. Aamiin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here