Beranda Pendidikan Jangan Lakukan Hal Ini Kepada Murid Yang Malas Belajar

Jangan Lakukan Hal Ini Kepada Murid Yang Malas Belajar

148
0
Jangan-Lakukan-Hal-Ini-Kepada-Murid-Yang-Malas-Belajar

Guru dulu : Kamu nggambar terus, mau jadi apa? (pas kelas 1 SMA)

Pak, saya mau jadi illustrator, saya nggak suka berhitung, saya sukanya nggambar dan berimajinasi lewat gambar. Saya mau kuliah DKV, pak. Saya mau jadi apa yg sama mau dari dulu semenjak saya suka nggambar…
You will see…
Soon…

Biasanya : “Dikelas kerjaannya cuma gambar, mau jadi apa?”
Diganti dengan : “Wah gambaranya hebat, nanti kamu pasti bisa jadi pelukis! Nanti lukisin wajah ibu ya?”

Biasanya : “Dikelas tiap hari bawa gitar, mau jadi apa?”
Diganti jadi : “Wah kamu yang tiap istirahat main gitar yah? Nanti kalo albumnya udah keluar ibu bagi ya ”

Biasanya : “Kejuaraan futsal selalu menang dan nilai olahraga selalu bagus tapi nilai pelajaran lain jelek, mau jadi apa?”
Diganti jadi : “Wah mantab kamu! Pasti kamu nanti yang jadi pemain utama Indonesia buat maju ke world cup! Iya dong! Ibu bosen lihat Indonesia gak masuk-masuk world cup! Nanti kamu yah yang mimpin! Gila, pas SMA aja kamu udah menang terus di semua perlombaan, kamu pasti bisa!”

Biasanya : “Tiap hari bawa kamera, mau jadi apa?”
Diganti jadi : “Wah hebat… Kamu mau ajdi sutradara ya? Nanti kamu nyusul ke hollywood yah harumkan nama bangsa disana, kaya sutradara2 Indo yg udah sukses disana, atau animator2 indo yg sukses disana.. Semangat! Pasti bisa!

Menyemangati psikologis sebagai guru, apa susahnya?
kelihatannya hal sepele, tapi jadi guru itu kudu hati-hati, yang keluar dari mulutmu adalah pena-pena permanen di halaman-halaman putih polos anak-anak itu.

Bayangkan, berapa anak Indonesia yang seharusnya jadi musisi ternama, pemain bola melebihi kualitas David Beckham, Pelukis tersohor mengharumkan nama bangsa, dan lain-lain, DIBUNUH cita-citanya dalam fase ini, alhasil SEMUANYA jadi karyawan luntang-lantung yang gak tau arah idupnya sendiri, karena penyamarataan pemikiran dan hilangnya gairah karena cita-cita aslinya ditarik paksa.

Nanti alasannya : “Biar realistis”. Setau gue, dulu pas Alpha edison bilang ke temen2nya bakal nemuin penerangan tanpa lilin, temen-temennya juga bilang hal yang sama : “Jadi realistislah”.
Dan sekarang layar HP dan PCmu pake lampu apa lilin?
Ntar pas udah pada di fase ini, jadi pengeluh : Hidup susah, LIFE SUCKS, I hate monday, bla-bla, dan jadilah 1838 miliar turunan bangsa pengeluh
MAU JADI APA? MAU JADI APA?
.
KEJAR cita-citamu. PEGANG TEGUH!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here