Beranda News Interlokal Insiden Sabotase Di Selat Hormuz, Iran Mendesak Agar Masalah Ini Segera Diusut

Insiden Sabotase Di Selat Hormuz, Iran Mendesak Agar Masalah Ini Segera Diusut

34
0
Insiden-Sabotase-Di-Selat-Hormuz,-Iran-Mendesak-Agar-Masalah-Ini-Segera-Diusut

Iran mendesak agar segera dilakukan penyelidikan terhadap insiden sabotase yang terjadi antara dua kapal tanker Arab Saudi di perairan Fujairah, dekat Selat Hormuz, di perairan Uni Emirat Arab, Minggu (12/5).

“Insiden yang terjadi di Laut Oman sangat mengkhawatirkan dan disesalkan kenapa bisa terjadi,” jelas juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi melalui pernyataan, Senin (13/5).

Mousavi juga menyerukan agar segera dilakukan “penyelidikan” terhadap insiden tersebut. Ia juga memperingatkan sabotase yang terjadi ada kemungkinan merupakan bagian perbuatan pihak asing untuk mengancam keamanan maritim di kawasan Teluk.

Mousavi menuturkan Iran “meminta klarifikasi” terkait insiden sabotase yang terjadi.

“Insiden sabotase tersebut memiliki dampak negatif bagi keselamatan pengiriman dan keamanan maritim di kawasan Teluk,” kata Mousavi seperti dikutip AFP.

Mousavi memperingatkan “plot-plot oleh pihak yang ingin mengganggu keamanan regional” dan menyerukan kewaspadaan negara di kawasan “menghadapi setiap rencana dari unsur asing.”

Arab Saudi pada Minggu malam mengatakan dua kapal tankernya telah disabotase di perairan Fujairah hingga rusak. Uni Emirat Arab juga membenarkan atas insiden itu dengan mengatakan empat kapalnya telah disabotase di perairan tersebut.

Hingga kini, belum jelas bagaimana kronologi sabotase itu terjadi, begitu pula mengenai pihak-pihak terkait yang terlibat dengan insiden itu.

Insiden ini terjadi ketika hubungan Amerika Serikat dan Iran sedang memanas menyusul sanksi yang telah dijatuhkan oleh Presiden Donald Trump kepada Teheran.

Pekan lalu, Iran juga telah mengancam untuk melanjutkan kembali program nuklir dan pengayaan uraniumnya jika ternyata negara Eropa, yang terlibat didalam perjanjian nuklir 2015, tidak mau membela Teheran dari sanksi AS.
Pelabuhan Fujairah merupakan satu-satunya pelabuhan di Uni Emirat Arab yang berada di dekat perairan Laut Arab. Wilayah ini bersebelahan dengan Selat Hormuz, yang juga merupakan rute pengiriman minyak global dari perairan Teluk Arab.

Iran berulang kali telah mengancam akan menutup jalur tersebut jika terjadi konfrontasi militer dengan Amerika Serikat.

sumber: cnn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here