Beranda Health Kesehatan Gangguan Pencernaan Selama Puasa? Ini Tips Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Terhindar...

Gangguan Pencernaan Selama Puasa? Ini Tips Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Terhindar Dari Gangguan Pencernaan

121
0
Gangguan-Pencernaan-Selama-Puasa-Ini-Tips-Yang-Bisa-Kamu-Lakukan-Agar-Terhindar-Dari-Gangguan-Pencernaan

Gangguan pencernaan memang sering terjadi dikala kita menjalankan ibadah puasa. Namun ada beberapa cara agar terhindar darim masalah tersebut. Apa saja yang bisa tips dan triknya?

Berikut tips jitu agar terhindar dari gangguan pencernaan selama puasa ramadhan

Perbanyak mengkonsumsi serat

Serat sangat berperan penting bagi sistem pencernaan manusia. Serat itu sendiri bersifat membantu menyerap air dan membuat feses menjadi lunak. Dan juga serat mampu meningkatkan kemampuan gerak peristaltic usus, yang memudahkan saluran pencernaan untuk mencerna makanan, sehingga terhindar dari gangguan sembelit

Baca : 7 Nutrisi Ini Bikin Anak Cerdas

Kamu bisa memenuhi kebutuhan serat ini, dengan cara mengkonsumsi sayuran, gandum, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Selama bulan puasa asupan cairan harus terpenuhi. Dan pastikan kamu harus sering meminum air mineral sebanyak 8 gelas perhari. Dimana 2 gelas pada saat sahur, 2 gelas pada saat berbuka dan 4 gelas sesudah tarawih atau sebelum tidur.

Kurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak

Tahukah kamu jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak akan memperlambat proses pencernaan makanan. Keluhan sakit perut dan perut kembung yang terjadi pada saat bulan puasa dikarenakan makanan yang berlemak bertumpuk dalam jumlah banyak.

Baca : Inilah 4 Manfaat Air Rebusan Mie Instan Bagi Kesehatan

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikat salmon, alpukan dan tuna.

Mengkonsumsi probiotik secara teratur

Probiotik merupakan bakteri baik yang mampu mendukung sistem pencernaan tubuh manusia. Untuk itu perbanyak lah mengkonsumsi probiotik, seperti yoghurt atau tempe.

Kurangi mengkonsumsi makanan olahan

Hindari mengkonsumsi makanan olahan, tahukah kamu jika makanan olahan memiliki kandungan lemak jenuh dan tentunya mengadung zat pengawet yang mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan.

Baca : 5 Makanan Ini Akan Menjadi Racun Jika Dipanaskan

Olahraga

Olahraga tetap dilakukan meskipun sedang berpuasa. Lakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit dalam sehari, lakukan setelah berbuka puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here