Beranda Pendidikan Apakah kita termasuk 5 orang tua yang salah dalam mendidik anak?

Apakah kita termasuk 5 orang tua yang salah dalam mendidik anak?

118
0
Apakah-kita-termasuk-5-orang-tua-yang-salah-dalam-mendidik-anak

Jangan lakukan 5 hal ini terhadap anak kita

Sering mengeluarkan kata-kata makian, sumpah serapah pada anak

Apakah kita pernah mengucapkan kata-kata makian dan sumpah kepada anak?

Setiap kata-kata yang di ucapkan oleh orang tua bisa menjadi doa untuk anak-anaknya. Apalagi jika hardik kan, bentakkan akan merusak sel otak pada anak. Jangan pernah untuk melakukan hardik kan maupun bentakkan terhadap anak. Karena tanpa kita sadari, mereka akan meniru apa yang kita lakukan, apalagi itu bersifat ucapan dan kata-kata yang tidak baik. Jadi jangan heran, jika sikap anak akan menjadi keras terhadap kita dan akan melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan terhadap mereka.

Baca4 anggota tubuh anak ini perlu di cium dan sentuhan sayang orang tua setiap hari

Sering membandingkan anak dengan orang lain maupun saudara-saudara kandungnya

Apakah kita sering atau pernah membandingkan si anak dengan orang lain maupun saudara kandungnya? Mungkin maksud kita sebagai orang tua adalah agar si anak mau meniru, menyemangati dan lain sebagainya terhadap si anak. Namun tanpa kita sadari, si anak akan mengalami penurunan kepercayaan diri, dikarenakan kita sebagai orang tua selalu membanding-bandingkannya.

Sering memarahi anak atau menasehatinya didepan orang lain

Jika anak melakukan kesalahan, jangan pernah mencoba untuk menasehai atau memarahi anak di depan orang lain, apalagi didepan umum. Tanpa kita sadari, hal ini akan membuat si anak menjadi kehilangan rasa percaya diri, karena telah di permalukan didepan orang lain, hal ini juga akan berdampak pada hal lain seperti bullying.

Baca : 5 Metode Warsiah Kepala Sekolah Yang Membimbing Siswa Belajar Membaca 

Sering memaksa kehendak orang tua, agar sianak menjadi orang yang di ingingkan orangtua

Kebanyakan orang tua terlalu memasakan anak agar mengkiti berbagai macam les, baik itu fisika, matematika, music, vocal, gambar dan lain sebagainnya. Tanpa kita sadari, hal ini sering berdampak pada anak, mereka akan menjadi stress, depresi dan lain-lain, dikarenakan terlalu obsesinya kita sebagai orang tua agar mereka menjadi apa yang kita inginkan.

Jarang meluangkan waktu untuk mengobrol bersama anak

Kesibukan kita sebagai orang tua terkadan membuat kita tidak memiliki waktu untuk anak kita sendiri. Tanpa kita sadari, mereka ingin sekali bercerita kejadian-kejadian yang mereka lihat di sekolah, di luar dan lain sebagainya. Namun, karena keegoisan kita sebagai orang tua, kita tidak mau untuk meluangkan waktu untuk mengobrol dan mendengarkan curhatan mereka. Jika bukan kepada kita sebagai orang tua tempat curhat mereka, lantas kemana mereka akan curhat? Ini lah yang mengakibatkan sianak lebih senang curhat di social media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here