Beranda Health Nutrisi 7 Nutrisi Ini Bikin Anak Cerdas

7 Nutrisi Ini Bikin Anak Cerdas

149
0
7-Nutrisi-Ini-Bikin-Anak-Cerdas

Meskipun kecerdasan anak dipengaruhi oleh genetika tapi beberapa faktor eksternal berpengaruh. Antara lain termasuk aktivitas fisik, stimulasi, asupan nutrisi dan kesehatan juga ikut berperan.

Asupan nutrisi menjadi salah satu faktor penting dalam merangsang kecerdasan anak. Pakar parenting Jarot Wijanarko dalam bukunya ‘Memaksimalkan Otak Anak Anda’ menyebutkan beberapa makanan yang bisa diberikan kepada anak untuk merangsang kecerdasannya.

Baca : Inilah 4 Manfaat Air Rebusan Mie Instan Bagi Kesehatan

Ikan salmon

Meski tidak hidup di perairan Indonesia, tapi ikan yang mengandung lemak ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, EPA dan DHA yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih mempunyai kemampuan berpikir tajam. Ikan salmon lebih banyak kandungan omega 3 ketimbang ikan tuna.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang dikenal relatif murah dan harga terjangkau. Kuning telur terbukti mengandung kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori. Agar selera makan anak bertambah, berikan variasi olahan telur yang lezat.

Baca : 5 Makanan Ini Akan Menjadi Racun Jika Dipanaskan

Selai kacang

Kacang  tanah dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi membran sel saraf.

Kandungan thiamin dan vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk membentuk energi yang dibutuhkan tubuh.

Biji-bijian

Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum dapat mendukung kebutuhan tubuh dengan kandungan serat yang dihasilkan dari biji-bijinya.

Serat yang terdapat pada biji-bijian akan membantu dalam mengatur pelepasan glukas di dalam tubuh. Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam gandum akan menjaga sistem saraf untuk tetap berfungsi sehat.

Buah

Secara umum, warna yang kuat terkandung di dalam buah cherry, blackberry, strawberry dan blueberry mengadung kecukupan gizi yang baik untuk kecerdasan anak.

Kelompok buah Berries mengadung kadar antioksidan yang tinggi, apalagi kandungan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan dari ekstrak strawberry dan blueberry mampu memperbaiki fungsi daya ingatan. Selain itu, biji dari buah-buahan berry kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan dalam kesehatan otak terutama kecerdasan.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan cemilan istimewa karena makanan dari kacang-kacangan memiliki energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang-kacangan mengandung serat, vitamin, dan juga mineral.

Kacang adalah makanan yang baik untuk otak anak karena dapat mempertahankan energi dan juga kemampuan berpikir. Menurut hasil penelitian, kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 daripada jenis kacang lainnya.

Sayuran berwarna

Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel,bayam merupakan sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak sehat. Mengkonsumsi variasi sayuran memang sangat penting untuk kesehatan. Meskipun beberapa anak susah untuk makan sayuran, Anda dapat meyiasatinya dengan membuat olahan cemilan dari bahan dasar sayuran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here