Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kamu Tidak Tidur Selama Berhari-Hari

127

Kadang-kadang kurang tidur bukanlah masalah, tetapi kurang tidur selama berhari-hari dapat berdampak serius pada otak dan tubuh kita. Tidur, bersama dengan diet dan olahraga, sebenarnya merupakan fondasi kesehatan yang baik. Kurang tidur sering menempatkan kita pada risiko untuk kondisi medis yang serius, seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Selama tidur, tubuh kita mengeluarkan hormon yang mengontrol nafsu makan, metabolisme, pemrosesan glukosa dan mengatur hormon stres.

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kamu Tidak Tidur Selama Berhari-Hari

Di bawah ini penjelasan apa yang terjadi pada otak dan tubuh kita ketika kita tidak tidur selama berhari-hari.

 

24 jam tidak tidur

Ketika kamu tidak tidur selama 24 jam akan terjadi efek negatif, seperti pengaruh buruk yang akan terjadi pada koordinasi mata dan tangan. Semua jam tanpa tidur ini sebanding dengan gangguan kognitif seseorang yang telah mengonsumsi banyak alkohol. Juga jika kamu adalah subyek yang lebih emosional, perhatian kamu akan berkurang, pendengaran kamu akan menjadi kurang baik dan juga akan meningkatkan risiko kematian.

 

36 jam tidak tidur

Ketika kamu tidak tidur selama 36 jam, kesehatan fisik mulai sangat terpengaruh secara negatif. Aliran darah terganggu dan ini akan terjadi dalam jangka panjang sehingga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan hipertensi. Selain itu, kepala akan mulai sakit dan kamu akan merasa dehidrasi dan juga akan kehilangan motivasi.

 

48 jam tidak tidur

Setelah dua hari tanpa tidur, tubuh akan mulai mengalami kurangnya tidur dengan memulai momen singkat “microsleep”. Fenomena ini dapat berlangsung selama setengah detik hingga satu menit dan biasanya diikuti oleh momen disorientasi.

 

72 jam tidak tidur

Setelah 72 jam tanpa tidur kamu akan mulai mengalami defisit signifikan dalam konsentrasi, motivasi, persepsi, dan proses mental lainnya. Bahkan percakapan sederhana bisa menjadi tindakan yang sangat sulit untuk dilakukan. Selanjutnya otak kamu akan menjadi korban halusinasi yang mengerikan.

 

Buat kamu yang masih hobi begadang silahkan untuk dikurangi, karena itu akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan kamu sendiri. Sayangi tubuh kamu selagi masih bisa, jangan sampai muncul penyesalan dikemudian hari.

 

Baca juga:




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: