Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

845

Apa itu jerawat? Jerawat adalah salah satu penyakit yang mempengaruhi kelenjar minyak pada kulit. Kelenjar minyak terdapat dibawah yang terhubung dengan pori-pori. Kelenjar ini memproduksi zat berminyak yang disebut sebum. Kanal yang menghubungkan pori-pori dan kelenjar minyak disebut folikel, dimana minyak akan membawa sel kulit mati muncul kepermukaan kulit.

 

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

 

Tetapi tenang saja, jerawat bukanlah penyakit kulit yang berbahaya. Tetapi, jerawat ini dapat mempengaruhi penampilan seseorang, sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri saat berada ditempat umum.

 

Ada beberapa penyebab munculnya jerawat pada wajah, berikut ulasannya:

 

Penggunaan Make up yang berlebihan

Penyebab munculnya jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh penggunaan make up yang berlebihan. Sebagian kaum wanita sering sekali menggunakan make up yang berlebih. Tahukah kamu jika setiap wajah tidak selalu cocok dengan bahan kosmetik yang ada dipasaran, sehingga menyebabkan munculnya jerawat pada wajah

 

Terjadi Perubahan hormon

Perubahan hormon dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini bisa terjadi pada orang dewasa, seperti ibu-ibu yang sedang hamil, atau sedang masa menstruasi. Jerawat bisa muncul saat perubahan hormon pada ibu-ibu hamil 3 bulan.

 

Masa Pubertas

Pada saat beranjak usia remaja, sebagian orang akan memiliki jerawat diwajahnya. Karena, pada masa remaja adalah masa puber dimana kelenjar minyak mengalami peningkatan produktifitas hormon testosteron, sehingga jerawat lebih cepat muncul pada saat usia remaja.

 

Terlalu Sering cuci muka

Banyak sebagian orang yang beranggapan bahwa jerawat disebabkan karena malas cuci muka. Tahukah kamu jika teralalu sering cuci muka akan mengurangi produksi minyak pada wajah. Sehingga kulit akan terus memproduksi minyak secara berlebihan dan akhirnya muncul jerawat. Cukup cuci muka 2 kali sehari dan gunakan pembersih wajah yang cocok dengan wajah.

 

Hp yang tidak bersih

Hp yang kotor menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah. Dikarenakan hp yang tidak bersih digunakan untuk melakukan panggilan telephone menempel pada kulit wajah. Sehingga bakteri-bakteri yang menempel di hp akan berpindah pada kulit wajah.

 

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Jerawat bisa muncul jika makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi standart kesehatan. Dimana makanan tersebut banyak mengandung lemak.

 

Sering Memencet jerawat

Sebagian orang risih dengan munculnya jerawat pada wajah. Sehingga sering sekali melakukan tindakan yang tidak boleh dilakukan saat menghilangkan jerawat. Dimana banyak yang memencet jerawat yang timbul diwajah mereka. Tahukah kamu, jika tangan yang kotor pada saat memencet jerawat akan cepat memperparah kondosi kulit wajah. Bukannya jerawat menjadi hilang, tetapi jerawat akan muncul lebih banyak.

 

Baca juga:




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: